07 July 2009

Ternyata Kondom Tidak Bisa Mencegah HIV / AIDS

SAFE_SEX Banyak pihak mengatakan bahwa kondom dapat mencegah penularan HIV / AIDS. Karena dengan anggapan tersebut, mereka menyarankan untuk memakai kondom bagi orang-orang yang suka “jajan”. Menggunakan kondom dianggap melakukan sex yang aman. Padahal pemakaian kondom bukanlah pemecahan masalah penularan HIV / AIDS.

Menurut Mann pada tahun 1993, AIDS merupakan penyakit prilaku (life style). Ini bisa dilihat dari banyaknya kasus AIDS di daerah yang banyak pergaulan bebas dan pemakai narkoba dengan jarum suntik. Karena AIDS merupakan penyakit prilaku maka cara mengatasinya adalah dengan mengubah prilaku tersebut bukan  dengan kondomisasi.

Menurut para ahli, penggunaan kondom tidak menjamin 100% aman dari penularan HIV / AIDS. Kondom hanya dapat mengurangi risiko penularan HIV (Mann 1993, Hiroshi Nakajima 1993, Harvard AIDS Institut 1995). Dari hasil penelitian ternyata tingkat keamanan kondom hanya berkisar 70 – 74%. Ini berarti 30 % pengguna kondom berisiko tertular HIV.

Dari  penelitian Lytle dan kawan-kawan didapatkan masuknya virus HIV ke dalam kondom yang telah dipakai. Ada juga penelitian yang mengatakan dari 89 kondom yang ditest ternyata 29 kondom mengalami kebocoran mikroskopis (Carey dan kawan-kawan 1992).

Mengapa pengguna kondom masih dapat tertular HIV? kondom dibuat dari bahan latek yang bisa meregang pada saat digunakan.Pada saat  meregang, maka terjadi perubahan pori-pori dari kondom sehingga bertambah besar. Ukuran pori-pori kondom saat meregang adalah 1/60 mikron. Virus HIV mempunyai ukuran 1/250 mikron sehingga lebih kecil dari pori-pori kondom dan dapat melewati kondom.

Oleh karena itulah penggunaan kondom tidak dapat mencegah HIV /AIDS. Dengan cara mengubah prilaku yang sehat dan agamis serta setia pada pasangannya, kita dapat mencegah HIV / AIDS.

4 comments:

  1. Apakah benar penggunaan kondom tidak aman utk virus? Sedangkan merk2 kondom terkenal selalu mencantumkan kl produk mrk sangat aman utk pencegah penularan?
    Jadi penipuan publik dong kl begitu?

    ReplyDelete
  2. Maaf nih, saya bukan ahli, tapi memangnya virus HIV dapat "melayang" sendiri tnpa medium? Bukannya virus HIV disalurkan lewat semen ya, dan kondom itu menahan semen? setahu saya kondom memang disebut tidak mencegah kehamilan 100% karena kemungkinan rusak atau bocor, bukannya berarti hal yang sm jg berlaku dengan virus HIV kalau bgitu?

    ReplyDelete
  3. sebenarnya penularan HIV tidak bisa dicegah hanya dengan menggunakan kondom.hal terbaik untuk mencegahnya yaitu jangan ganti-ganti pasangan.Penyembuh Kanker

    ReplyDelete