12 July 2009

Siapkan Energi Bekerja dengan Sarapan

Technorati Tags: ,,,

KingCrabDip_Mk Sarapan pagi merupakan suatu kebiasaan yang positif. Menu sarapan yang tepat, tidak hanya membuat tubuh lebih berenergi tetapi juga membantu mengendalikan berat badan. Sarapan pagi merupakan jadwal makan  penting dalam sehari. Selepas tidur panjang semalam, tubuh dan otak membutuhkan energi yang dapat disediakan dari sarapan pagi. Sarapan pagi merupakan sumber energi pertama sebelum memulai bekerja.

Banyak manfaat yang ada pada sarapan pagi. Selain menyediakan energi pertama kali sebelum bekerja, sarapan pagi juga dapat membantu menurunkan berat badan asalkan dikelola secara cerdas. Misalnya pada orang yang kegemukan menyantap sarapan pagi dengan menu kaya protein dan karbohidrat seperti telur dadar, daging ayam, roti dan pisang. Dengan porsi tersebut potensi penurunan berat badan pada orang tersebut lebih besar dari orang yang menyantap hanya setengah porsi. Mengapa demikian ?

Para ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi menu yang seimbang dalam jumlah yang banyak di pagi hari membantu mengurangi keinginan untuk menyantap karbohidrat pada jadwal makan berikutnya. Terlebih jika yang bersangkutan tengah menjalani program pengurangan konsumsi karbohidrat dan kalori dengan tujuan menurunkan berat badan. Kalau tidak menyantap sarapan pagi, maka pemenuhan kalori / energi dipadatkan pada makan siang dan makan malam.

No comments:

Post a Comment