05 June 2009

Merawat Rambut dengan Madu dan Minyak Zaitun

Rambut yang kusam tentu sangat tidak enak dipandang. Banyak cara merawatnya, mulai dari pemakaian shampo maupun cara alami dengan menggunakan minyak atau ekstrak tanaman. Salah satu alternatif yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan madu dan minyak zaitun.

Madu dikenal dari zaman dulu. Madu dikenal sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Madu kaya dengan zat anti oksidan. Begitu juga dengan minyak zaitun. Minyak yang dikenal juga dengan nama olive oil ini selain wangi juga mengandung zat anti oksidan.

Untuk rambut, madu berfungsi melembabkan rambut, memberi vitamin dan nutrisi bagi rambut. Minyak zaitun dipercaya menyuburkan rambut. Kedua bahan tersebut dicampur  sehingga membentuk krim dinamakan honey mask cream. Berikut ini cara pemakaian honey mask cream ini :

Cuci rambut, sebelum mencuci rambut, bilaslah terlebih dahulu dan olehkan rambut dengan conditiner dengan ditambahkan minyak zaitun agar rambut lebih mudah disisir dan rambut lebih lembut. Setelah tidak lagi kusut, rambut dicuci dengan shampo dan dibilas dengan air hangat.

Oleskan campuran, olehkan campuran madu dan minyak zaitun (honey mask cream)  hingga merata.

Pijat ringan, setelah krim dioleskan secara merata, lakukan pijat ringan pada rambut agar meresap sampai ke kulit kepala.

Pembilasan, bilas dengan air hangat karena honey mask cream mengandung kadar minyak yang tinggi, dengan pembilasan  dengan air hangat maka minyak tersebut akan luruh dan rambutpun menjadi sehat dan bersih.

No comments:

Post a Comment