24 June 2009

Tips : Cara Belajar

250202 Life is Learning atau Life is Education, itu mungkin semboyan-semboyan yang dianut oleh beberapa orang. Hidup memang penuh belajar dan perjuangan. Mulai dari bayi kita belajar duduk, merangkak, berdiri hingga akhirnya bisa berlari. Begitu pula dengan dunia nyata saat ini yang penuh dengan kompetisi.

Bagi kebanyakan orang seperti saya, buku merupakan sumber pembelajaran. Dengan buku kita mengetahui banyak hal. Tetapi terkadang kita malas sekali membuka atau membaca buku yang kita pelajari, apalagi jika isi buku tersebut tidak kita sukai tetapi kita harus membacanya seperti mau ujian misalnya.

Karena rasa terpaksa tersebut ada orang yang baru beberapa menit membaca suatu buku, sudah mengantuk dan tertidur. Mungkin juga ada yang baru mengingat harus membaca suatu buku ini, sudah langsung mengantuk.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa anda coba :

  • Selalu berpikiran positif bahwa buku atau ilmu yang kita pelajari akan bermanfaat bagi kita. Jangan dulu beranggapan negatif atau tidak suka atau mengatakan malas karena itu akan menurunkan semangat kita dalam mempelajari sesuatu
  • Ciptakan suasana yang nyaman untuk belajar. Jika tidak ingin mengantuk, jangan belajar di atas tempat tidur. Juga siapkan penerangan dan ventilasi udara yang baik. Penerangan yang kurang baik menyebabkan mata lelah dan mengantuk. Begitu pula dengan ventilasi udara yang kurang, menyebabkan oksigen udara yang beredar kurang dan otak pun kekurangan oksigen sehingga mudah mengantuk
  • Cari waktu yang baik untuk belajar. Waktu yang tenang / sepi dapat membantu kita dalam belajar seperti pada pagi hari (waktu subuh) tapi awas jangan sampai melamun. Waktu sore atau malam baik untuk mengulang pembelajaran di waktu pagi.
  • Makan makanan bergizi dan cukup minum air putih. Berpikir juga membutuhkan energi. Jadi kita harus cukup makan makanan bergizi (4 sehat 5 sempurna) tapi ingat jangan sampai kekenyangan karena kekenyangan akan membuat kita mengantuk akibat dari suplai darah ke otak dialihkan ke perut. Kurang minum (dehidrasi) juga dapat mengganggu konsentrasi, jadi minimal 2 liter ( 8 gelas) perhari disarankan untuk menjaga kecukupan cairan dalam tubuh kita.
  • Step by step, selangkah demi selangkah. Jika kita tidak biasa membaca, mulailah dengan membaca selama 5 menit jika masih mampu dilanjutkan dengan 5 menit berikutnya. Jika masih mengantuk dalam 5 menit pertama, istirahat sejenak dan coba lagi. jika masih gagal, cobalah membasuh wajah atau mandi sekalian dan coba lagi. Jika masih mengantuk juga, gantilah posisi. Mungkin dari posisi duduk ke berdiri. Jika masih mengantuk juga, awas nanti terjatuh, mungkin saatnya harus istirahat. Jika berhasil, anda bisa belajar hingga 3-4 jam sehari.
  • Konsisten. Dilakukan terus-menerus, setiap hari. Orang bijak mengatakan “lebih baik belajar satu jam sehari selama satu bulan daripada belajar delapan jam dalam sehari”.
  • Niat yang kuat. Orang bijak mengatakan “Jika anda ingin pintar, maka bacalah minimal 1000 kata dalam sehari”. Tentu saja dengan membaca buku yang bermanfaat.

No comments:

Post a Comment