15 June 2009

Mengatasi Mata Kering

EYEDROPS Bagi orang yang bekerja lama di depan komputer seperti kita para blogger, orang yang memakai lensa kontak atau orang yang bekerja di daerah yang berangin, berpolusi serta dekat dengan bahan-bahan kimia mudah sekali mengalami mata kering. Bagi para blogger memeriksa kode-kode html secara teliti selain membuat mata kering juga membuat mata menjadi lelah.

Mata kering atau kerato konjungtivitis sicca biasanya ditandai dengan adanya rasa berpasir di mata, tidak nyaman, rasa kering, rasa panas, tidak tahan angin, mata menjadi silau dan tidak tahan membaca dalam waktu lama. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan beberapa cara berikut :

Usahakan untuk mengistirahatkan mata. Setelah beberapa saat memandang komputer,anda dapat mengistirahatkan mata dengan memejamkan mata atau mengedip-ngedipkan mata. Dengan usaha tersebut dapat membasahi mata secara alami. Anda juga dapat mengalihkan pandangan dari komputer serta memandang sesuatu yang indah seperti tanaman atau keindahan alam yang ada di sekitar kita dengan cara ini selain kita mengistirahatkan mata, kita juga menghilangkan kepenatan selama bekerja.

Jangan mengarahkan mata ke udara yang berembus kencang seperti kipas angin, di dekat jendela atau di lapangan. Sangat dianjurkan menggunakan kacamata jika berada di tempat-tempat tersebut

Jika ada waktu kompreslah mata beberapa menit. Langkah ini dimaksud untuk mengurangi keletihan pada mata anda. Kompres dengan air hangat dapat memperlancar aliran darah di sekitar mata. Kompres dengan es dapat mengurangi lingkaran hitam di mata. Anda juga bisa melakukan pemijatan ringan di sekitar bola mata.

Selain langkah-langkah tersebut di atas anda juga bisa menggunakan obat tetes mata yang banyak dijual dipasaran. Namun anda harus memperhatikan aturan pakai pada obat tersebut. Juga ada anda bingung dengan pemakaiannya, sangat dianjurkan untuk menghubungi dokter mata terdekat.

No comments:

Post a Comment