29 June 2009

Jangan Membersihkan Telinga Terlalu Sering

 images (2) Kita memang perlu membersihkan telinga kita. Telinga yang tidak pernah dibersihkan akan menyebabkan gatal dan dapat mengurangi pendengaran dengan menumpuknya serumen (kotoran telinga). Akan tetapi membersihkan telinga terlalu sering juga kurang baik.

Di dalam liang telinga juga terdapat flora-flora normal yaitu bakteri-bakteri yang bersifat simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) dengan menjaga PH (derajat keasaman) di dalam liang telinga kita. Membersihkan telinga yang terlalu sering dengan menggunakan kapas pembersih akan mengurangi flora-flora normal tersebut sehingga PH di liang telinga berubah. PH yang berubah memudahkan bakteri atau jamur yang pathogen (penyebab sakit) untuk tumbuh di sana dan pada akhirnya menyebabkan infeksi. Membersihkan telinga yang terlalu sering juga dapat menyebabkan iritasi pada lubang telinga dan memudahkan terjadinya infeksi.

Tips : untuk menjaga telinga tetap bersih, kita cukup membersihkannya seminggu sekali dengan menggunakan kapas pembersih yang halus.

No comments:

Post a Comment