27 May 2009

Tips: Hilangkan Stres dengan Berenang

Blue sea Pekerjaan yang kantor yang menumpuk, persaingan yang semakin ketat ditambah dengan macetnya lalu lintas membuat kita mudah terkena stres. Salah satu cara mengatasi stres adalah dengan berenang.

Berenang mampu melepaskan stres, membuat hati dan pikiran menjadi santai. Jika dilakukan dilakukan dengan santai dan pelahan, hormon endorfin yang terdapat di dalam otak mengucur dan memberikan efek bahagia dan relaksasi. Selain menyenangkan, berenang juga menyehatkan dan tepat untuk semua umur.

Bagi anak-anak, kolam renang merupakan sesuatu yang berbeda yang baik untuk pertumbuhannya. Bagi mereka yang dewasa, berenang adalah cara relaksasi untuk mengendurkan otot-otot kaku serta menyegarkan otak setelah jenuh dalam rutinitas kerja. Bagi keluarga, berenang adalah momen untuk menjaga hubungan yang harmonis.

Saat kita berenang, semua otot tubuh bergerak, gerakan mendorong atau menendang dengan kaki dan tangan mampu memperlancar aliran darah. Otot-otot utama seperti perut, lengan, pinggul, pantat dan paha, juga terus berkontraksi dan menguat. Di saat itu pula sendi menjadi lebih lentur terutama di bagian leher, bahu dan pinggul.

Berenang baik juga untuk mereka yang kelebihan berat badan, ibu hamil atau orang usia lanjut. Ini karena seluruh berat badan ditahan oleh air sehingga sendi-sendi tubuh untuk menopang badan menjadi berkurang bebannya. Jumlah kalori yang dibakar pada saat berenang secara serius setara dengan bersepeda atau jalan cepat.

Bagaimana cara berenang dengan dengan santai? berikut ini tipsnya :

Mulailah kegiatan berenang anda dengan melakukan pemanasan dan peregangan. Ini berguna untuk mengondisikan tubuh agar siap gerak dan mencegah kram. Caranya dengan berjalan-jalan atau lari-lari kecil di sekitar kolam renang selama 10 menit. Lalu lakukan peregangan dengan 15 kali hitungan selama 5 – 10 menit.

Berenang dilakukan secara bertahap. Mulai dengan satu putaran mengelilingi atau menyebrangi kolam renang dan beristirahat sejenak kemudian diulang lagi. Cobalah untuk berenang dengan santaidan tidak banyak menggunakan energi. Biarkan pikiran anda berkelana, sementara anda fokus pada ritme gerak atau ayunan tangan dan kaki yang membelah air. Buanglah semua rasa beban dengan merasakan aliran air. Selesai berenang anda akan merasakan sesuatu yang berbeda.

No comments:

Post a Comment