20 May 2009

Ingin Mengubah Dunia

Terpahat tulisan di suatu nisan di Inggris yang sudah ada kira-kira sejak tahun 1100 masehi. Isi dari tulisan itu :
"Sewaktu masih muda aku ingin mengubah dunia. Tetapi dunia tidak juga berubah ketika
aku semakin dewasa. Kemudian aku ingin mengubah masyarakat di sekitar tempat
tinggalku. Tetapi semakin aku tua, masyarakat di sekitarku juga tidak berubah.
Kemudian aku ingin mengubah keluargaku. Dan hingga aku terbaring di ranjang
menunggu ajalku, keluargaku juga tidak berubah. Kemudian aku sadar...
"kalo dulu sewaktu aku masih muda aku memperbaiki diriku sendiri secara terus
menerus dan hal tersebut dilihat oleh keluargaku dan kemudian mereka mengikutiku
maka aku berhasil mengubah keluargaku. Dan jika itu diikuti oleh
tetangga-tetanggaku dan semua orang di sekitar tempat tinggalku, maka aku berhasil mengubah masyarakat. Dan apabila hal tersebut diikuti oleh semua masyarakat yang ada di dunia ini maka aku berhasil mengubah dunia..."

No comments:

Post a Comment