10 May 2009

Tips: Kembalikan Energi Setelah Bekerja

JLM-NatGeo-Sao Paulo (18 million) Banyak orang sering kali merasa lelah saat bekerja, padahal jam pulang kantor masih lama. Jika hal ini terjadi secara terus menerus akan mempengaruhi produktivitas dan kinerja.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mengembalikan energi setelah seharian bekerja :

  • Tidur yang cukup. Tidur /istirahat yang cukup dan berkualitas sangat diperlukan untuk mengembalikan dan mempersiapkan tenaga untuk esok hari. Tidur yang berkualitas tidak diukur dari lamanya tidur tetapi dari hasil tidur itu sendiri apakah merasa lelah atau segar. Jika merasa segar baru dikatakan tidur itu berkualitas. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, pastikan kamar tidur mempunyai ventilasi yang cukup, tempat tidur yang nyaman serta penerangan yang tidak terlalu mencolok. Usahakan anda merasa rileks saat tidur.
  • Yakinkan diri. Ketika terbangun dari tidur, pandanglah diri anda di cermin dan katakan pada diri sendiri bahwa anda adalah seorang yang luar biasa, memiliki kemampuan dan spesial. Keyakinan ini akan memberi energi positif sehingga hari yang anda lewati terasa lebih menyenangkan. Cara lainnya adalah setiap pagi pikirkan 10 alasan yang luar biasa agar bisa meraih kebahagiaan dan bangga dengan apa saja yang telah anda capai.
  • Tarik nafas. Bangunlah di pagi hari dan luangkan waktu untuk menarik nafas dalam. Rasakan udara segar dan bersih masuk ke paru-paru anda. Otak akan mendapatkan oksigen yang cukup sehingga tubuh merasa lebih fit dan berenergi. Rentangkan pula tangan anda. Gerakan ini sangat baik untuk kelenturan otot sehingga anda lebih bersemangat. Jika anda mempunyai sedikit waktu, ada baiknya anda berolah raga ringan seperti joging atau senam.
  • Makan dan minum yang baik. Konsumsi makanan yang sehat sebagai sumber energi anda di pagi hari. Pilihlah jenis makanan yang bergizi untuk menu sarapan. Pastikan anda minum cukup banyak air putih sepanjang hari.
  • Jalan kaki. Bagi yang tidak mempunyai waktu untuk berolah raga, ada baiknya anda memarkir kendaraan sedikit jauh dari kantor. Lanjutkan perjalanan ke kantor dengan berjalan kaki. Jalan kaki dapat memperlancar peredaran darah dan memperkecil risiko osteoporosis sehingga tubuh anda tidak mudah lemas.

No comments:

Post a Comment