02 May 2009

Mengenal Flu Babi

Technorati Tags: ,

156x117_flubabi4 Apa itu flu babi?

Flu babi atau yang lebih dikenal dengan Swine flu adalah penyakit pernafasan pada babi yang disebabkan oleh virus influensa tipe A yang sering menyebabkan wabah flu pada babi. Virus flu babi sering menyebabkan babi sakit tetapi jarang menyebabkan kematian. flu babi ini sering mewabah pada musim gugur dan musim dingin.Virus flu babi (virus influensa tipe A H1N1) pertama kali ditemukan pada tahun 1930.

Ada berapa banyak virus babi?

Seperti pada virus influensa lainnya, virus ini bermutasi secara terus-menerus. Babi dapat terinfeksi oleh virue  avian influensa dan influensa manusia  sebagaimana babi terinfeksi virus flu babi.. Ketika virus flu dari berbagai macam spesies yang berbeda menginfeksi babi, maka virus-virus tersebut dapat bercampur/bergabung sehingga menimbulkan variasi baru. Sampai  saat ini ada 4 tipe utama virus influensa tipe A yang telah diisolasi dari babi yaitu : H1N1, H1N2, H3N2 dan H3N1. Kebanyakan yang ditemukan pada flu babi yang menyerang manusia adalah HIN1.

Samakah virus H1N1 pada babi dengan H1N1 pada manusia?

Tidak, sangat berbeda. Vaksin flu yang digunakan untuk H1N1 pada manusia tidak dapat melindungi serangan H1N1 pada babi

Dapatkah manusia terserang flu babi?

Virus flu babi pada umumnya tidak menyerang manusia. Akan tetapi secara sporadik ditemukan orang-orang yang terkena flu babi.

Bagaimana cara penularannya?

Flu ini dapat menular secara langsung antar babi, dari babi yang sakit ke manusia atau sebaliknya. Biasanya mengenai orang-orang yang secara langsung kontak dengan babi seperti bekerja di peternakan babi. Ada beberapa kasus orang yang terjangkit flu babi dapat juga  menular ke orang lain. Contohnya pada tahun 1988 di Wiscosin, Amerika, yang mana beberapa orang terkena flu babi tapi tidak menimbulkan wabah. Pada hasil laboratorium petugas kesehatan yang kontak dengan pasien-pasien flu babi tersebut, ditemukan adanya antibodi flu babi.

Apakah flu babi ditularkan melalui makanan?

Tidak, dengan memasak daging di atas suhu 70 derajat Celsius (160 F) dapat membunuh virus tersebut.

Gejala flu babi pada manusia

Gejalanya sama dengan flu biasa seperti panas, badan lemas-lemas,  kurang nafsu makan dan batuk. Beberapa orang dilaporkan pilek, sakit tenggorokan, mual, muntah dan diare. Pada kasus berat, dapat menyebabkan pnemonia (radang paru-paru) dengan gejala sesak nafas dan panas/demam.

Gejala flu babi pada babi

Gejala meliputi demam, batuk, keluar cairan dari hidung/mata, babi sulit bernafas, mata merah, babi tidak mau makan.

Diagnosis flu babi

Dengan memeriksa spesimen lendir dari saluran pernafasan sekurang-kurangnya 4 atau 5 hari setelah sakit dan kemudian diperiksa di laboratorium.

Pengobatan

Ada 4 macam obat yang tersedia untuk mengatasi virus influensa (di Amerika) yaitu :

  • Amantadine
  • Rimantadine
  • Oseltamivir
  • Zanamivir

Semua obat tersebut sebelumnya dapat digunakan untuk mengobati flu babi, akan tetapi akhir-akhir ini ditemukan flu babi yang telah resisten terhadap amantadine dan rimantadine. Sehingga Oseltamivir dan Zanamivir direkomendasikan untuk mengobati flu babi.

Pencegahan

Sampai saat ini baru ada vaksin yang diberikan ke babi. Untuk manusia, para ilmuwan masihmengupayakannya.


Sumber :

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/swineflu.html

http://www.cdc.gov/swineflu/key_facts.htm

No comments:

Post a Comment