27 September 2009

Olahraga VS operasi Angioplasti pada pasien jantung

Pasien jantung mempunyai banyak keuntungan saat melakukan olahragasenam dibandingkan dilakukan operasi angioplasti.Memang tindakan angioplasti dapat dengan cepat mengatasi pembuluh darah jantung yang tersumbat akan tetapi kurang mengatasi masalah jantung dalam jangka waktu yang lama
angioplasty koroner atau lebih sederhana disebut sebagai angioplasti, merupakan suatu prosedur untuk menangani stenosis atau penyempitan dari arteri koroner. Penyempitan tersebut terjadi karena plak atheroskelosis. Angioplasti biasanya dilakukan oleh ahli jantung.
Yang menjadi masalah adalah sangat sulit bagi dokter untuk meyakinkan pasien jantung berolahraga dibandingkan melakukan operasi angioplasti. Hal ini mungkin dikarenakan lamanya efek yang dirasakan saat melakukan olahraga dan membutuhkan kedisiplinan.
Dari hasil penelitian Rainer Hambrecht di klinikum links der weser jerman pada tahun 2004 menemukan bahwa dari 90 % pasien jantung yang secara teratur melakukan olahraga sepeda, terbebas dari masalah jantung dalam satu tahun setelah terkena serangan jantung dibandingkan pasien yang menjalani operasi angioplasti yang hanya 70% yang terbebas dari masalah jantung dalam satu tahun
Sepertiga serangan jantung dan stroke dapat dicegah jika pasien melakukan olahraga jalan cepat 2,5 jam setiap minggunya. Untuk itu sangat dianjurkan berolahraga pada penderita sakit jantung dengan terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter.

No comments:

Post a Comment