26 September 2009

Mengobati Sakit Jantung dengan Minyak Ikan

minyak Minyak ikan yang mengandung asam lemak omega 3 bukan hanya dapat mencegah terjadinya penyakit jantung tetapi dapat pula mengobati penyakit jantung. Minyak yang terdapat pada ikan tertentu ini bermanfaat dalam mencegah serangan penyakit jantung dan pembuluh darah, mengobati pasca serangan jantung dan gagal jantung.
Sebenarnya apa yang dimaksud dengan omega 3 ?
Omega-3 merupakan asam lemak yang terbentuk dari 3 komponen utama:
* ALA (Alpha) Linolenic Acid, berfungsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh dengan meningkatkan pembentukan membran sel didalam tubuh.
* EPA (Eicosapentaenoic Acid), berfungsi menjaga dari serangan jantung, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan kadar trigliserida darah serta menstabilkan tekanan darah.
* DHA (Docosahexaenoic Acid), berfungsi meningkatkan kerja saraf , kecerdasan otak dan daya ingat serta menghambat kepikunan.
omega 3 dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner hingga 50%, menurunkan kadar trigliserida darah, menekan kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga mengurangi terjadinya resiko hipertensi dan aterosklerosis/ penyempitan pembuluh darah yang menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung koroner dan serangan stroke.
Kandungan omega-3 banyak terdapat pada bahan pangan hewani dan nabati laut seperti ikan lemuru, tuna, tongkol, sidat, terubuk, tengiri, kembung, layang, bawal, seren, slengseng, cakalang, kerang, cod, rumput laut, ganggang laut dan sebagainya. Berdasarkan data dari Lembaga Gizi Departemen Kesehatan RI, kandungan omega-3 dalam bahan pangan tersebut rata-rata mencapai 10,9 gram / 100 gram. Sedangkan bahan pangan lainnya yang kaya dengan kandungan omega-3 antara lain minyak nabati serta sayuran hijau.
Mereka yang makanannya banyak mengkonsumsi ikan seperti di orang Asia dan orang eskimo mengalami sedikit serangan jantung dan pembuluh darah. Omega 3 juga dapat membantu mengobati denyut jantung yang tidak teratur, mencegah atheroskleosis dan gagal jantung.
Demikian dikutip dari Journal of American College of Cardiology
Menurut American Heart Association (AHA), disarankan asupan asam lemak omega 3 setiap hari bagi penderita sakit jantung dengan konsultasi dokter. Karena asupan omega 3 yang berlebihan dapat menyebabkan perdarahan.
Bagi mayarakat umum dianjurkan mengkonsumsi omega 3 kurang tidak lebih dari 500 mg sehari dan bagi penderita jantung disarankan untuk mengkonsumsi 800 sampai dengan 1000 mg setiap hari

Tulisan yang Berhubungan