16 October 2009

Usia Muda dapat juga Terserang Stroke

Technorati Tags: ,

Pada umumnya stroke menyerang orang yang berusia lanjut. Tapi ternyata penyakit ini dapat menyerang orang yang berusia muda. Dari hasil studi American Journal of Occupation Therapy tahun 2009 mengatakan bahwa stroke bukan lagi penderitaan bagi orang yang berusia lanjut. Orang yang berada pada usia kerja (usia produktif) makin banyak terserang stroke dibandingkan sebelumnya.
Studi ini dilakukan di RS St. Louis antara 1999 sampai dengan 2008 dengan sampel sebanyak 7740 orang. Didapatkan penderita stroke 45 % berusia di bawah 65 tahun dan 27% di bawah usia 55 tahun. Namun stroke yang didapat pada usia di bawah 65 tahun kebanyakan bersifat ringan. 7 % pasien yang menderita stroke ringan sampai sedang segera diperkenankan pulang dan hanya menjalani rawat jalan. Dari penelitian lanjutan 46 % dari stroke ringan yang menjalani rawat jalan : 42 % mengatakan tidak dapat melakukan pekerjaan, 31 % tidak dapat hidup teratur dan 52 % mengalami masalah konsentrasi.

Stroke merupakan penyakit pada pembuluh darah yang menyuplai darah di otak. Penyebab stroke dapat disebabkan pecahnya pembuluh darah di otak akibat tekanan darah yang terlalu tinggi atau terjadinya sumbatan pembuluh darah di otak. Ada pun faktor risiko terjadinya penyakit stroke antara lain : hipertensi, hiperkolesterolemia, penyakit jantung rematik / kongenital, infeksi endokardium, obesitas (kegemukan), stress, diabetes mellitus, merokok dan lain-lain.
Stroke yang terjadi di Indonesia pada orang yang berusia muda pada umumnya adalah stroke yang disebabkan oleh sumbatan emboli. Biasanya terjadi akibat penyakit jantung rematik atau penyakit jantung congenital yang mengalami infeksi, membentuk vegetasi atau koloni kuman yang jika terlepas menjadi emboli yang nantinya beredar dan dapat menyumbat pembuluh darah dimana-mana, salah satunya pembuluh darah di otak. Emboli juga bisa terjadi akibat perubahan tekanan yang secara mendadak bagi penyelam (embolism) dan proses persalinan yang sulit.

No comments:

Post a Comment